Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kilas Daerah

Sosialisasi Relawan Demokrasi, Warga Terminal Kritis Sikapi Dinamika Pemilu

Topsumutpress.com – Sambil menikmati kopi, teh manis bahkan tuak, warga yang mayoritas bekerja di angkutan umum sekitar eks terminal Sukadame ‘Parluasan’, Kecamatan Siantar Utara cukup kritis menyikapi dinamika Pemilu serentak yang disampaikan Tim Relawan Demokrasi KPU Kota Pematangsiantar, Jumat (22/2/2019) sekira jam 16.00 WIB.

“Misalnya, saya punya keluarga yang sudah pindah dari luar kota ke Siantar tetapi tidak terdaftar sebagai pemilih, apakah bisa ikut mencoblos,” tanya salah seorang warga bermarga Silalahi kepada Tim Relawan Demokrasi, Imran Nasution dan Ferry Napitupulu dari basis marginal.

Kemudian, pertanyaan hampir mirip juga disampaikan seorang warga bermarga Silalahi lainnya. Keluarganya dikatakan ada tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) apakah masih bisa ikut memilih.

“Kalau Pemilu sebelumnya, kita datang memperlihatkan E-KTP di TPS boleh ikut memilih. Sekarang apa bisa begitu,” tanya warga tersebut.

Menjawab pertanyaan tersebut, Tim Relawan mengatakan bagi warga yang tidak masuk DPT tetapi memiliki E-KTP, boleh ikut memilih apabila mendaftar pada Panitia Pemilihan Suara (PPS) lingkungannya dengan status masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Kemudian, bagi pemilih yang rumahnya berada di luar Kota Siantar tetapi ingin pindah memilih di Siantar juga boleh dengan sarat tetap mendaftar 30 hari sebelum pemilihan.  Prosesnya tetap sama dengan pemilih yang tidak terdaftar tetapi memiliki E-KTP.

“Misalnya, ada keluarga kita penduduk Medan sudah terdaftar sebagai pemilih di Medan. Dia boleh ikut Pemilu di Siantar. Tapi, calon yang dipilih hanya DPR RI, DPD dan Pemilihan Presiden. Kalau untuk memilih DPRD Kota Siantar dan DPRD Sumatera Utara tentu tidak bisa karena Medan dengan Siantar beda Daerah Pemilihan (Dapem),” ujar Tim Relawan.

Pertanyaan lain yang muncul adalah soal surat suara yang hanya pakai nomor urut dan nama tetapi tidak mencantumkan gambar.

Loading...

“Saya punya orang tua yang penglihatannya sudah kabur, apakah bisa ditemani waktu memilih? Karena, bisa saja orang tua saya itu salah memilih apalagi kertas suaranya sebesar koran,” ujar warga lain.

Menjawab pertanyaan itu, Tim Relawan mengatakan bisa saja ditemani keluarga yang dapat dipercaya. Tetapi, harus seizin dari personil di TPS termasuk sepengetahuan saksi para para partai politik peserta Pemilu yang berada di sekitar lokasi TPS tersebut.

Hal lain yang muncul dalam sesi tanya jawab, ada pihak di kelurahan yang belum mengetahui tentang DPK. Sehingga, saat ada warga yang tidak masuk dalam DPT ingin mendaftar lagi, pihak kelurahan mengatakan bahwa warga tidak bisa lagi ikut memilih karena memang tidak terdaftar dalam DPT.

“Setelah mendengar penjelasan soal DPK, saya akan sampai kepada pihak kelurahan bahwa ada aturan warga yang tidak masuk DPT boleh dimasukkan dalam DPK asal punya E KTP. Tapi, harapan kita, KPU maunya memberi sosialisasi kepada pihak kelurahan supaya tidak terjadi kesalahan informasi,” ujar peserta sosialisasi.

Sebelum dilakukan tanya jawab, Tim Relawan memaparkan tentang jumlah partai peserta Pemilu. Menjelaskan surat suara yang terdiri dari lima lembar. Masing-masing, warna hijau untuk memilih DPRD Siantar, biru untuk DPRD Sumatera Utara, kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD dan warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Hal lain yang dianggap penting, warga dihimbau rame-rame datang ke TPS pada hari H. karena satu suara sangat menentukan masa depan masyarakat dan bangsa serta negara pada lima tahun mendatang.(rel/tsp)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

You May Also Like

Media Sosial

Topsumutpress.com – Sebuah foto “polos” alias tanpa busana seorang gadis berinisial IA (19) beredar luas dari ponsel ke ponsel dan membuat warga Kampung Cihanjuang, Desa...

Regional

Topsumutpress.com – Peristiwa duka, tenggelamnya kapal penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba menyisakan kisah sedih bagi keluarga dua sejoli. Dua sejoli pasangan...

Regional

Topsumutpress.com – Pria berinisial IM yang diduga kuat sebagai mantan kekasih sekaligus sebagai pelaku pembunuhan terhadap wanita asal Desa Sitamiang, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten...

Media Sosial

Topsumutpress.com – Pernikahan sedarah yang melibatkan Luncen Ricardo Aritonang dengan adik kandungnya, Erlinda Aritonang mendadak membuat heboh. Seorang anak yang dalam kondisi cacat pun...

Copyright © Topsumutpress.com, 2018 - 2020